Senin, Februari 11, 2008

1996-1999

Saat sedang youtube-walking, saya menemukan sesuatu :



Merinding.

Itu adalah rekaman kondisi pesantren saya dahulu pada saat menjelang maghrib...

Gak heran, dimanapun tempat terpencil saya berada dan dengan lantunan Qur-an seperti ini...dijamin, hati saya akan bergumam :

"... inget di pesantren neh..."

Dan itu spontan...

Dan bersamaan itu pula, ada "sesuatu" yang saya rasakan, entah itu merinding, sedih, kangen, pokoknya campur aduk ...saya sendiri tidak bisa describe kata2 yang tepat...

Yang pasti seperti ada sesuatu yang "bergemuruh" di dada saya tiap kali melihat ato merasakan sesuatu yang mengingatkan saya dengan masa2 di pesantren...

Yeah,

Anda boleh tertawa, men-judge saya cengeng or else, GAK PEDULI

Satu hal yang pasti, anda akan merasakan hal yang sama kalo anda pernah disana...

Tahun 1996 saya masuk...dengan segala keterbatasan dan ketidaktahuan yang ada...

Tahun 1999 saya keluar, harusnya saya lulus dan jadi alumnus tahun 2002, tapi karena satu dan lain hal, saya keluar...

Anehnya, mulai saat itu, saya selalu bermimpi dalam nyaris setiap tidur saya...

Mimpi dimana saya digambarkan masih disana...entah apapun bentuknya, mulai dari yang abstrak, sampe yang jelas banget...

Dari tahun 1999 - sekarang saya masih kerap didatangi mimpi itu,...

Entahlah, seperti ada yang tertinggal di sana...

Seolah belum ada restu untuk meneruskan langkah...agak berlebihan tampaknya...

Ah,

Barangkali hanya trauma psikologis semata...atau bahkan rindu yang berlebih...

Saya rindu suasananya yang syahdu, pusingnya kepala saat kiriman uang belum tiba, panas terik mataharinya waktu siang, tempe kecap mie kecap dan krupuknya, cuci baju hari jum'at, makan daging sebesar jempol di Idul Adha, dipukuli di mahkamah, lari pagi hari jum'at, muhadhoroh malam jum'at, pramuka di hari kamis, countdown perpulangan, excitement waktu perpulangan, dll...

Mungkin anda pernah merasakan sesuatu memori dimana sangat ingin anda lupakan, tapi justru terlalu manis untuk dibuang...

Sehingga terjadi friksi...benturan, seperti pergolakan bathin...bisa gila saya lama2...

Ingin lari dengan cepat meninggalkan, tetapi kepala masih menoleh kebelakang...

Tuhan punya maksud lain...harus saya selesaikan ini, sebelum menghambat masa depan saya...

Baiklah,

Selepas sidang ujian TA, saya akan kesana...sekedar menyambangi...

Insya Allah

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Bersjoekoerla koweorang poenja pengalaman idoep van pesantren boeng....tjoeba kowe toelis dalem itoe artikelen tempo koweorang idoep di itoe van pesantren...pastie aken sanget kassie tariek ati kitaorang awam itoe...

Vicko Corleone Vicaksono mengatakan...

Siap Bos...tunggu aja...tar mau gw bikin artikelnya...

Trims tanggapannya bung koeaing...

Anonim mengatakan...

Teroes terang ik mahoe tahoe banja apa sahadja iang anak santrie kassie kerdjain van itoe pesantren...